Utah semrawut

Debat calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat (AS) yang mempertemukan Wakil Presiden Mike Pence dengan cawapres Kamala Harris berlangsung sengit. Ada sejumlah momen menarik saat kedua kandidat berebut kursi cawapres.

Sebagaimana diketahui, debat cawapres yang digelar di Universitas Utah di Salt Lake City, Utah pada Rabu (7/10) malam waktu setempat itu berjalan lebih tenang dibanding diskusi capres pada 29 September lalu yang dinilai kacau dan bersepah.

Kedua cawapres menjawab setiap pertanyaan rumit yang diajukan dan fokus membahas poin perundingan yang telah direncanakan sebelumnya. Penengah dalam debat kali ini ialah jurnali senior USA Today , Susan Page.

Dibawah ini 3 momen debat zaman Kamala Harris dan Mike Pence berebut cawapres:

1. Saling Serang Soal Corona

Mike Pence, menyebut rencana penanganan pandemi virus Corona (COVID-19) yang diungkapkan pertahanan capres Joe Biden dan cawapres Kamala Harris menjiplak upaya penanganan Corona dari pemerintahan Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir CNN , Kamis (7/10/2020), dalam pembahasan pertama perkara pandemi Corona, Harris menyebut tadbir Trump gagal menangani Corona serta menjelaskan fokus pemerintahan Biden & dirinya nanti dalam menangani Corona.

“Pelacakan kontak, penjagaan, pemberian vaksin, dan memastikan kalau vaksin itu gratis untuk semua, ” cetus Harris dalam penjelasannya dalam debat cawapres di Utah.

“Itu rencana yang dimiliki Joe Biden dan aku, mengetahui bahwa kita harus pendidikan apa yang telah terjadi, ” imbuhnya.

Harris pula mengatakan bahwa dirinya tak bakal menerima vaksin virus Corona dengan disetujui Presiden Donald Trump.

“Jika Donald Trump menyuruh kita untuk menerimanya, saya tidak akan menerimanya, ” cetus Harris.

Menanggapi hal tersebut, Pence menyebut rencana penanganan itu diambil dari pendekatan yang diambil pemerintahan Trump saat ini.

“Itu tampak sedikit laksana plagiarisme, sesuatu yang sedikit diketahui Joe Biden, ” ujar Pence yang menyindir Biden.

Pence melontarkan sindiran soal plagiarisme yang menimpa Biden dalam pencalonan pertamanya sebagai Presiden AS tarikh 1988 silam. Diketahui bahwa Biden mengundurkan diri dari pencalonan presiden tarikh 1988 silam setelah mengakui tempat mengutip kalimat seorang politikus Inggris tanpa atribusi.