Jakarta

Perwira Pengawal Nasional Tunisia diserang dengan pisau oleh tiga karakter jihadis Tunisia. Tiga jihadis itu akhirnya tewas dalam baku arah yang terjadi setelah dia menyerobot perwira itu.

Dilansir AFP , Minggu (6/9/2020), serangan penikaman terjadi pada distrik wisata Sousse, kota pesisir, yang kerap dilanda serangan jihadis Tunisia dalam beberapa tahun final. Juru Bicara Pengawal Nasional, Houcem Eddine Jebabli mengatakan dua perwira Garda Nasional yang sedang bersambang menjadi sasaran serangan pisau pada Sousse, 140 kilometer (80 mil) selatan ibu kota Tunis.

“Satu meninggal sebagai syahid, dan yang lainnya terluka dan dirawat di rumah sakit, ” katanya, menambahkan bahwa ‘ini ialah serangan teroris’.

Para penyerang pertama kali menabrak polisi secara kendaraan sekitar pukul 6: 40 pagi (0540 GMT). Setelah serbuan pisau, pasukan keamanan mengejar para-para penyerang, yang telah mengambil senjata dan kendaraan petugas, melalui kawasan Akouda di kawasan wisata praja El-Kantaoui, kata Jebabli.

“Dalam baku tembak, tiga teroris tewas, ” kata Eddine.

Eddine menambahkan bahwa gerombolan keamanan berhasil menemukan mobil serta dua pistol yang telah dicuri para penyerang.

Pemimpin Tunisia, Kais Saied juga datang setelah beberapa jam kemudian ke lokasi serangan pisau. Dia mengutarakan polisi sedang menyelidiki apakah pukulan itu direncanakan oleh individu atau organisasi.

Duta Tinggi Inggris untuk Tunisia, Louise de Sousa tweeted dia terkejut mengindahkan serangan terhadap patroli Garda Nasional di Sousse pagi ini.

“Saya turut berbela sungkawa kepada keluarga petugas yang terbunuh, dan saya berharap yang terluka segera pulih. #UKsupportTunisia, ” introduksi Louise.

(zap/gbr)