Jakarta

Tim dokter kepresidenan Amerika Konsorsium (AS) menyebut Presiden Donald Trump sudah dalam kondisi layak pulang. Namun, pengawasan oleh tenaga medis akan tetap berlangsung.

“Selama 24 jam terakhir… tempat memenuhi atau melampaui semua patokan standar keluar rumah sakit, ” kata dr. Sean Conley di dalam konferensi pers, seperti dilansir Reuters, Selasa (6/10/2020).

Conley mengatakan sudah lebih dari 72 jam sejak demam terakhir Trump dan kadar oksigennya normal.

Trump dinilai belum sepenuhnya segar. Namun, status Trump dinilai menolong kepulangannya dari Rumah Sakit Tentara Walter Reed.

“Meskipun dia mungkin belum sepenuhnya muncul dari masalah, tim dan saya setuju bahwa semua evaluasi ana, dan yang terpenting, status klinisnya mendukung kepulangan presiden dengan damai. Di mana dia akan dikelilingi oleh perawatan medis kelas dunia 24 jam, ” kata Conley.

Sebelumnya, Donald Trump menyebut akan meninggalkan Rumah Sakit Militer Walter Reed tempat tempat dirawat karena positif virus Corona (COVID-19) Pada Senin sore zaman setempat, atau Selasa pagi WIB. Tak hanya itu, dia memberikan agar masyarakat tidak takut terhadap COVID.

“Saya hendak meninggalkan Pusat Kesehatan Walter Reed pada hari ini (5/10) jam 6. 30 PM. Merasa benar baik, ” tulis Trump dalam akun twitternya, @realDonaldTrump, seperti dipandang detikcom, Selasa (6/10/2020).

“Jangan takut dengan COVID. Tanpa biarkan hal itu mendominasi tumbuh anda, ” ucapnya.

Trump menyebut pemerintah AS telah berupaya untuk menangani virus Corona. Selain itu, dia pun mengecap tubuhnya lebih baik dari sebelumnya.

“Kami telah menggelar, di bawah Pemerintahan Trump, kurang obat dan pengetahuan yang betul hebat. Saya merasa lebih elok daripada 20 tahun yang cerai-berai, ” ujar Trump.

(aik/aik)