Nevada

Proses pem hasil pilpres 2020 di negara bagian Nevada, Amerika Serikat (AS) masih terus berlangsung. Capres Kelompok Demokrat, Joe Biden, masih ulung sementara atas Presiden Donald Trump di negara bagian ini.

Seperti dilansir Fox News , Jumat (6/11/2020), data penghitungan sementara menunjukkan 84 persen suara telah masuk untuk Nevada, tercatat hingga Kamis (5/11) malam waktu AS.

Menurut data sementara Fox News , Biden unggul sementara dengan perolehan 49, 4 persen (604. 251 suara) melayani Trump dengan 48, 5 obat jerih (592. 813 suara).

Kelainan antara keduanya saat ini menyentuh 0, 9 persen atau sebesar 11. 438 suara. Keunggulan Biden atas Trump di Nevada terpantau menguat tipis, setelah selisih keduanya sempat mencapai hanya 8 seperseribu suara saja pada Rabu (4/11) waktu setempat.

Tetapi dengan adanya sejumlah besar tulisan suara, termasuk surat suara melalui pos, yang belum dihitung, maka belum bisa diproyeksikan siapa pemimpin untuk negara bagian Nevada.

Diketahui juga bahwa menurut aturan hukum yang berlaku dalam Nevada, surat suara via pangkalan masih bisa diterima asalkan mendapatkan cap pos pada Hari Penetapan 3 November. Ini berarti cara penghitungan suara di Nevada sedang akan berlanjut dalam beberapa keadaan ke depan.

Pembaruan data untuk hasil pilpres dalam Nevada disampaikan oleh otoritas setempat secara bertahap. Laporan CNN menyebut bahwa pembaruan data lebih lanjut belum akan dirilis di negara bagian ini hingga Jumat (6/11) zaman AS.

Dibutuhkan 270 electoral votes — dari total 538 electoral votes — buat bisa memenangkan pilpres AS. Status sementara menunjukkan Biden unggul dengan 264 electoral votes atas Trump yang baru meraup 214 electoral votes. Nevada sendiri diketahui mempunyai 6 electoral votes untuk diperebutkan kedua capres.

(nvc/ita)