Washington DC

Perolehan electoral votes untuk capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, terus bertambah dan masa ini mencapai 237 electoral votes. Namun Presiden Donald Trump yang terus mengejar ketertinggalannya sejauh tersebut meraup 210 electoral votes.

Seperti dilansir Fox News , Rabu (4/11/2020), Biden dan Trump terus sejajar ketat dalam perolehan suara dalam beberapa negara bagian, khususnya negeri bagian yang menjadi perebutan bahana atau swing states. Diketahui bahwa capres yang pertama mencapai 270 electoral votes akan memenangkan pilpres AS.

Data pem terbaru media terkemuka AS, Fox News , membuktikan Biden meraup 237 electoral votes dan Trump meraup 210 electoral votes.

Tidak hanya ulung dalam perolehan electoral votes, Biden juga dilaporkan berhasil menyalip bayaran suara Trump untuk popular votes.

Data Fox News menyebut Biden sejauh ini memperoleh lebih dari 61 juta perkataan atau sekitar 49, 8 obat jerih popular votes, sedangkan Trump memperoleh lebih dari 60 juta suara atau sekitar 48, 6 tip popular votes.

Dengan terpisah, data penghitungan media terkemuka AS lainnya, New York Times (NYT), juga menunjukkan keunggulan Biden berasaskan Trump dalam perolehan electoral votes. Menurut data NYT, Biden sejauh ini meraup 213 electoral votes dan Trump meraup 174 electoral votes.

Data NYT juga menunjukkan Biden mengungguli Trump dalam perolehan popular votes. Sejauh ini, Biden mendapatkan lebih sebab 60 juta suara (49, tujuh persen) dan Trump mendapatkan bertambah dari 59 juta suara (48, 6 persen).

(nvc/ita)