Seoul

Topan Haishen yang begitu berpengaruh telah menerjang Jepang. Kini, horor topan itu beralih ke Korea Selatan, hingga membatalkan jadwal penerbangan.

Seperti dilansir AFP , Senin (7/9/2020) penilaian awal pada Senin pagi waktu setempat menunjukkan bahwa topan itu tidak menimbulkan kerusakan meninggalkan dari yang dikhawatirkan, meskipun ratusan ribu rumah yang ditinggalkan minus aliran listrik di sebagian besar pulau Kyushu selatan Jepang.

Pada pukul 7 cepat, topan itu berada 30 kilometer (sekitar 20 mil) di melahirkan pulau Tsushima dan dikategorikan jadi badai “besar” dan kuat, dengan melemah dalam semalam. Namun angin ribut itu masih mengeluarkan hembusan angin hingga 216 kilometer per tanda.

Dilansir BBC , badan pemrakira cuaca dalam Korsel menyebut, badai menuju ke Busan, kota terbesar kedua di Korea Selatan.

Akibatnya, lebih dari 300 penerbangan sebab 10 bandara dibatalkan dan kira-kira perjalanan kereta api ditangguhkan.

Puluhan orang mengalami luka menurut laporan media penyiaran nasional NHK . Umum dari mereka adalah orang usang.

Di Goto Nagasaki, empat orang terluka setelah kaca jendela yang pecah melemparkan cermin ke pusat evakuasi pada Senin (7/9) pagi, kata seorang pejabat departemen pemadam kebakaran setempat pada AFP .

“Tidak jelas apakah jendela itu dihancurkan oleh embusan angin atau sesuatu yang meniupnya, ” katanya.