Beijing

Media nasional China menyerahkan nada optimis dalam reaksinya kepada kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Disebutkan bahwa hubungan China dan GANDAR dapat dipulihkan ke kondisi yang lebih dapat diprediksi, yang diawali dengan perdagangan.

Bagaikan dilansir Reuters , Senin (9/11/2020), meskipun mengakui GANDAR kecil kemungkinan akan mengurangi lagu terhadap China terkait sejumlah rumor seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar nasional Global Times menyatakan bahwa China harus mencari jalan berkomunikasi dengan tim Biden secara sebaik mungkin.

Pemerintahan Presiden Donald Trump secara sengaja memicu ketegangan dalam hubungan China dan AS, terutama setelah mengadopsi strategi menekan China, yang membuat munculnya ‘gelembung’ dalam kebijakan China-AS.

“Kita yakin bisa menghancurkan gelembung-gelembung itu, ” sebut Global Times dalam editorialnya. “Ini adalah kepentingan bersama bagi rakyat kedua negara dan bagi komunitas global bahwa hubungan China-AS bisa diredakan dan terkendali, ” imbuh editorial tersebut.

Global Times merupakan tabloid yang dirilis People’s Daily, surat kabar resmi Kelompok Komunis China. Namun surat kabar ini tidak mewakili partai & pemerintah China secara resmi.

Dalam editorial terpisah, China Daily menyatakan bahwa ‘jelas’ penambahan hubungan dengan China dan GANDAR bisa dimulai dari perdagangan, & menghidupkan kembali perundingan dagang dengan penting untuk pemulihan beberapa kesepahaman dan kepercayaan dalam hubungan kedua negara.

“Ini adalah salah satu jalinan terakhir yang melekatkan kedua pihak. Perlu dicatat kalau baik Beijing maupun Washington tak mau mengambil risiko untuk menghapus kesepakatan fase satu yang dirundingkan dengan susah payah, ” sebut China Daily yang merupakan tulisan kabar berbahasa Inggris ini.