Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Jakarta

Nama Nagita Slavina menjadi pancaran setelah dirinya didapuk sebagai ikon PON XX Papua. Bukan tanpa alasan, pedusi Raffi Ahmad itu dianggap tak pantas mendapatkan peran tersebut.

Kurang nama artis Papua langsung digadang-gadang akan menjadi pengganti Nagita Slavina. Salah satunya adalah Yanni Melwani, pemain FTV yang populer dalam film Aisyah.

Bintang iklan beberapa keluaran nasional itu disebut-sebut berkecukupan menggantikan posisi Nagita jadi sosok yang merepresentasikan Papua. Lantas, apa tanggapan Membandingkan Melwani atas hal tersebut?

Dalam pernyataannya pada wartawan, Yanni Melwani menyebut penentuan tanda PON XX Papua bukanlah kewenangannya. Bagi Yanni, pasal ikon pun sebenarnya tidak menjadi hal yang dianggap penting.

“Yang terpenting bagi saya merupakan pelaksanaan PON berjalan dengan baik, dan kita seluruh punya tanggung jawab yang sama untuk menjadikan medan PON sebagai ajang nasional yang dapat membawa tanda baik Papua dan Nusantara, ” kata Yanni Melwani.

Yanni Melwani pun berharap pelaksanaan PON dapat berjalan dengan lancar. Suksesnya ajang tersebut kendati juga menjadi bagian daripada harapan Yanni Melwani.

“Semoga semua berlaku sesuai rencana ya, dan kita bisa bersatu biar pelaksanaan PON dapat lulus, ” katanya.

Diketahui sebelumnya, Arie Kriting mengkritik keputusan pihak pemangku PON XX Papua pada penunjukan Nagita Slavina jadi ikon. Ia menilai masih banyak wanita Papua yang lebih pantas melakoni kedudukan tersebut.

“Penunjukan Nagita Slavina sebagai Caraka PON XX Papua itu memang pada akhirnya mampu mendorong terjadinya Cultural Appropriation. Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh rani Papua, ” tulis Arie Kriting di Instagram pribadinya, belum lama ini.

Tulisan itu kendati mendapatkan dukungan dari segelintir rekan artis, tak tersendiri Dian Sastrowardoyo. Menurut Dian, sudah sepatutnya masyarakat Papua diwakilkan oleh rakyatnya sendiri.

“Nagita tersebut teman saya, tapi Nusantara itu warna-warni. Sudah waktunya saudara-saudara Papua terwakili, ” tulis Dian Sastrowardoyo di kolom komentar unggahan Instagram Arie Kriting.

Meskipun begitu, tak sedikit pula yang membela Nagita Slavina. Menurut beberapa netizen, pemilihan Nagita Slavina sebagai ikon yang menyebarkan informasi soal PON XX Papua sudah tepat.

(hnh/mau)