Hong Kong

Aktivis memihak demokrasi terkemuka Hong Kong, Joshua Wong kini akan mengaku bersalah. Langkah ini diambil Wong, usai sempat kabur dari jeratan negeri Hong Kong.

Tempat akan mengaku bersalah pada hari Senin (23/11/2020) pada pembukaan persidangan. Dia akan mengakui keterlibatannya dalam protes tahun lalu.

Dilansir dari AFP , Senin (23/11) Joshua Manusia mengatakan dia memperkirakan dirinya mau dipenjara.

“Tidak mengherankan bila saya segera dikirim ke pengurungan hari ini, ” katanya kepada wartawan di luar pengadilan menjumpai sidang.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa dirinya bakal terus berjuang untuk kebebasan.

“Kami akan terus berjuang untuk kebebasan dan sekarang tidak saatnya bagi kami untuk bersujud ke Beijing dan menyerah, ” tambahnya.

Sebelumnya, interpretasi pembangkang paling terkenal di kota itu adalah yang terbaru dibanding serangkaian penangkapan kritikus pemerintah. Interpretasi ini terjadi setelah China melegalkan Undang-undang Keamanan Nasional baru di Hong Kong pada akhir Juni lalu.

Dia ditangkap karena “perkumpulan yang melanggar hukum” atas demonstrasi 2019 yang mengarah larangan pemerintah atas masker yang diberlakukan sebelum pandemi virus Corona, kata pengacaranya.

Tokoh pro-demokrasi berusia 23 tahun tersebut mengatakan di Twitter bahwa tempat juga ditahan karena melanggar “undang-undang anti-masker yang kejam”, yang semenjak itu dinyatakan tidak konstitusional.

Pengacara Wong mengatakan kepada AFP bahwa dia ditangkap ketika dia melapor ke kantor penjaga mengenai kasus lain terhadapnya, dengan saat ini sedang diadili.

Aksi demo hari itu terjadi setelah sebagian besar kota lumpuh dengan penangguhan kereta rahasia dan banyak toko serta mal tutup setelah malam kekerasan.

Saat itu, ratusan pengunjuk rasa, hampir semuanya bermasker, mengabulkan demonstrasi tanpa izin di provinsi perbelanjaan populer Causeway Bay. Zaman demo tersebut, Hong Kong telah dilanda empat bulan demonstrasi pro-demokrasi.

Apa dengan dilakukan Joshua Wong sebelum ditangkap? Silakan klik halaman selanjutnya.