Bangkok awut-awutan

Seorang pria dengan baru saja dibui di satu diantara penjara di Bangkok, Thailand dinyatakan terjangkit Corona. Kasus ini ialah awal kasus yang mengakhiri 100 hari bebas dari kasus domestik Thailand.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia , Jumat (4/9/2020), pria berusia 37 tahun itu dinyatakan positif Corona dalam ulangan mingguan pada Rabu (2/9) periode setempat. Pria yang tidak disebut namanya ini, ditangkap atas perkara penyalahgunaan narkoba pada 26 Agustus lalu.

Departemen Pemasyarakatan Thailand menyatakan bahwa pria itu tidak pernah bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat serta tidak melakukan kontak dekat dengan pasien positif Corona.

Usai dinyatakan positif Corona, pria yang mantan DJ kelab malam itu, menjalani perawatan medis di vila sakit dan para narapidana asing yang melakukan kontak dengannya sedang menjalani karantina.

Kasus pria ini menjadi kasus domestik atau penularan lokal pertama dengan terjadi di tengah masyarakat sudah lebih dari 100 hari final Thailand dinyatakan bebas dari penularan lokal. Selama kurang lebih tiga bulan terakhir ini, seluruh peristiwa baru Corona di Thailand merupakan kasus impor atau penularan dalam luar negeri dan kasus yang terdeteksi dalam karantina.

Pada Rabu (2/9) waktu setempat, Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayut Chan-O-Cha, menyampaikan selamat kepada negaranya karena mencapai masa 100 keadaan tanpa kasus domestik atau transmisi lokal. Kasus domestik terakhir di Thailand terdeteksi pada 24 Mei lalu.