Nashville semrawut

Debat calon presiden Amerika Serikat (AS) di Nashville telah berakhir. Donald Trump berniat akan membawa AS sukses sesuai sebelum pandemi Corona. Sedangkan Joe Biden berjanji akan memberi tumpuan pada warga AS.

Dalam siaran debat yang disiarkan oleh Cable-Satellite Public Affairs Network (C-SPAN ), Jumat (23/10/2020), moderator Debat Capres AS Kristen Welker bertanya kepada para kandidat soal apa dengan akan pertama kali mereka sampaikan jika terpilih menjadi Presiden AS. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan penutup.

Donald Trump meminta warga AS untuk membawa negaranya kembali sukses seperti sebelum epidemi Corona.

“Kita harus menghasilkan negara kita benar-benar sukses semacam sebelum flu datang dari China, ” ujar Trump.

Sedangkan Biden berjanji akan meluluskan harapan. Dia akan mengayomi seluruh warga AS.

“Saya presiden Amerika Serikat. Saya mewakili Anda semua, baik Anda menuruti saya atau menolak saya. Saya akan memberi Anda harapan, ” ujar Biden.

Sudah debat berakhir Welker mengingatkan biar warga AS menggunakan hak pilihnya. Kemudian, Melania Trump kemudian terbang ke panggung dengan baju hitam dan masker warna hitam menghampiri Trump. Sedangkan istri Biden, Jill Biden muncul dengan baju bercorak bunga dan masker bunga.

Biden langsung memakai maskernya. Biden dan istrinya langsung berpelukan. Tak tampak di kamera apakah Trump dan Melania juga saling berpelukan.

Hiruk pikuk suara tepuk tangan memenuhi studio.

(rdp/ita)