Jakarta

Presiden AS Donald Trump pada hari Sabtu menolak seruan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pertemuan puncak para pemimpin dunia untuk membahas Iran. Trump mengatakan dirinya tidak akan berpartisipasi.

Selama konferensi pers di klub golf Bedminster, New Jersey, Trump juga mengatakan dia bermaksud untuk pindah minggu depan untuk memicu “snapback” sanksi terhadap Iran di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Kami akan melakukan snapback,” kata Trump kepada wartawan seperti dilansir reuters, Minggu (16/8/2020).

“Anda akan menontonnya minggu depan,” lanjut Trump.

Amerika Serikat telah mengancam akan memicu pengembalian semua sanksi PBB terhadap Iran menggunakan ketentuan dalam kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia, yang dikenal sebagai snapback, meskipun Trump membatalkan kesepakatan tersebut pada 2018. Para diplomat mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menghadapi pertarungan yang sulit dan berantakan dalam gerakan seperti itu.

Amerika Serikat kehilangan tawaran pada Jumat untuk memperpanjang embargo senjata PBB setelah Putin mengusulkan pertemuan puncak para pemimpin dunia untuk menghindari “konfrontasi” atas ancaman “snapback” Amerika.

“Mungkin tidak,” kata Trump ketika ditanya apakah dia akan berpartisipasi dalam KTT yang didukung Putin.